Senin, 14 September 2009

# renungan # unek-unek

THR... oh THR...



THR = Tunjangan Hari Raya.. Setiap mau lebaran atau Natal pasti dinanti-nanti yah.. Masalahnya.. Banyak perusahaan yg bandel ngasih THR mepet - mepet hari H. Padahal nih Menaker udah buat undang-undang khusus buat pembagian THR (SE.314/MEN/PHIJSK-PKKAD/VIII/2009). Disana tertulis kalo THR maksimal diserahkan H-7. Tapi nih di perusahaan temen gw ada yg sampe sekarang (H-6) belum juga turun THR-nya. Kalo dah gini kan rugi karyawan. Siapa tau dia nunggu-nunggu THR itu buat beliin keluarganya baju baru atau keperluan lain yang mendesak. Dan perusahaan tsb juga melanggar undang-undang. Walaupu itu perusahaan swasta, tapi tetep aja mesti taat hukum. Perusahaan itu kan dapet untung di negara kita. Dia harus ikut aturan kita dong.. Iya kan?

Tunjangan Hari Raya = Gaji Pokok + Tunjangan Tetap
Tunjangan tetap adalah tunjangan yang diberikan secara rutin per bulan yang besarannya relatif tetap, contoh: tunjangan jabatan, tunjangan keluarga, tunjangan keahlian/profesi.

Berarti... THR itu min 1 kali gaji kan? di undang2 Menaker ttg THR juga disebutkan kalo THR itu 1x gaji untuk yg masa kerjanya min 12 bulan. Kalo buat yg masa kerjanya kurang dari 12 bulan maka THR = gaji 1 bulan / masa kerjanya.

Udah ada peraturan gitu kenapa masih aja ada perusahaan yg ga kasih THR 1x gaji ya? Patut ga sih kita laporin perusahaan kita kalo mereka melanggar undang-undang?  THR itu kan hak karyawan dan pembayarannya harus sesuai dengan undang-undang dong. Setuju??



Haduuuhh.. nampaknya pemerintahan kita belum bisa tegas ya untuk masalah ini. THR kan hak setiap karyawan.. Semoga kedepannya lebih baik. Amin..

2 komentar:

  1. hoooo... ternyata THR ada UUnya juga!!! sepakat sama tulisan teteh. taun pertama kerja, pertama dapet THR seneng banget... ;p

    BalasHapus
  2. akhir tahun dapet banus ndak nih... alhandulillah aku dapet kotornya mungkin sampe 7 kali gp. Tapi dipotong pajek, eee...malah pajek buat bli mobil...dasar ga punya otak....
    sorry lag nafsu ki....

    BalasHapus

Follow Us @rnisanuraini